Tanggapi Kontroversi Album USB G-Dragon, YG Entertainment Sebut Gaon Kolot

- Jumat, 16 Juni 2017 | 10:33 WIB
Tak cuma G-Dragon, agensi YG Entertainment juga memberikan tanggapan mereka terkait kontroversi yang disebabkan oleh album USB.

Setelah merilis mini album 'Kwon Ji Yong', G-Dragon memang menuai cukup banyak kontroversi, karena format album fisik yang jarang diusung oleh musisi lain.

Gaon bahkan menyatakan bahwa USB tidak bisa dianggap sebagai album fisik, karena di dalamnya hanya terdapat link untuk mengunduh lagu ketimbang file musik itu sendiri. Sehingga mereka tidak bisa memasukkan mini album 'Kwon Ji Yong' ke dalam perhitungan chart.

YG Entertainment kemudian menjelaskan alasan mereka merilis album dalam format USB, karena mereka ingin memberikan lebih banyak konten ketimbang CD yang hanya bisa menyimpan konten dalam ukuran terbatas. Mereka menjelaskan bahwa CD hanya bisa menyimpan 700mb data, sedangkan USB yang dirilis G-Dragon memiliki ukuran mencapai 4gb.

"Sekali kalian menghubungkan USB tersebut ke komputer, kalian bisa membuka berbagai situs penyedia. Di lain pihak, kalian tidak hanya akan mendapatkan lagu, namun juga foto hingga video musik. Kalian bisa mengunduh konten tersebut dan menyimpannya di USB," jelas agensi.

YG Entertainment juga menjelaskan bahwa USB ini bisa digunakan dalam jangka waktu panjang, ketimbang CD yang hanya bisa disimpan dan tidak bisa digunakan sebagai penyimpan data. Mereka juga menekankan bahwa penggunaan CD sudah sangat minim, sehingga penjualan album fisik tidak lagi bertujuan untuk mendapatkan konten musik.

Terakhir mereka menuturkan, "Sebenarnya, kami tidak terlalu ambil pusing dengan keputusan Gaon untuk perhitungan chart mereka. Kami lebih tertarik pada musik dan dunia yang baru. Namun, kami pikir masalah itu bisa terjadi karena mereka punya pikiran yang kolot dan tidak bisa mengikuti perkembangan jaman. Kami tidak bisa mengerti mengapa mereka hanya menganggap CD sebagai album fisik," sindir agensi kepada Gaon. (www.kpopchart.net)

Editor: Tim Kpopchart

Tags

Terkini

X